Apr 13, 2009

Sinetron Indonesia = Kebodohan Bagi Yang Melihat

Sinetron, kata yang tentunya udah gak asing lagi di telinga kita. Sehari-hari, khususnya diatas jam 5 sore, cobalah tengok televisimu, selalu dipenuhi sama program-program sinetron. Gak cuma satu stasiun televisi aja, hampir semua men..! Dari yang judulnya Cinta Fitri, Cinta Bunga, Intan, Alisa, Melati Untuk Marvel, Muslimah, Air Mata Cinta, de el el, gak hapal juga aku. Njamur banyak bangeeeet... (buat info ajah, aku tau judul-judul itu gak dari nonton sinetronnya, cuma kebetulan liat iklannya aja,hiiii..)
Jujur selama ini aku prihatin sama dunia Persinetronan Indonesia, kenapa??? Jalan ceritanya itu loh, sangat-sangat tidak educational, gak benefit banget buat ditonton. Gimana enggak, tiap adegan kebanyakan cuman kekerasan en kejahatan aja yang ditonjolin. Saling hina, saling menghujat, saling memukul, brrrrr, panas ati aku yang liat! Untuuung aku bukan maniak sinetron, was never!
Hmmm.., memang, cerita gak bakalan seru kali ya kalo gak ada adegan yang menegangkan, tapi gak berati harus menampilkan kekerasan fisik melulu kan?? Toh masih ada cara laen, sutradara juga gak bodo-bodo amat donk, harusnya mereka tuh bisa bikin cerita tetep asik dengan meminimalisir adegan yang aku sebutin diatas. Ada sih sinetron yang berbasis keagamaan, yang adzab-adzab itu loh, tapi kok ceritanya lebai banget, alias berlebihan, apa iya Allah sekejam itu????? I don’t think so, kan arrahmanirrahim :L

Oiyah, sebenarnya siapa sih pangsa pasar sinetron?? Hampir semua golongan semua umur, tapi kebanyakan yang terkena “jaring mautnya (mantap bahasane):O” itu ibu-ibu, lansia, dan yang paling berbahaya...anak di bawah umur..! Contoh dari efek negatif sinetron indonesia buat anak kecil, ponakanku aja ya, dia umurnya baru 4tahunan, masih TK nol kecil, aku perhatiin dia itu tontonannya sinetroooon mulu, dampaknya apa coba? Omongannya agak kasar dan gak sopan kalo sama orang yang lebih tua, terus tangannya juga jalan, pemikirannya juga agak melenceng sama umur dia yang seharusnya, overkuota lah, waduuuuh.., gedenya gimana ini.., dangerous..! Harusnya mereka itu belajar yang bener, bukannya belajar kekerasan dari sinetron. Makanya para orangtua kudu concern donk sama anaknya, didampingi, dipilahpilih program yang ndidik tu yang mana, bahaya loooh.

Balik ke masalah pokok, satu hal yang bikin Indonesia (bisa dibilang sutradaranya) terkesan gak kreatif. Wes lah, realistis aja, sinetron Indonesia itu kebanyakan cuman jiplakan drama korea en drama-drama asia laen. Mau bukti??
Siapa Takut Jatuh Cinta = Meteor Garden
Buku Harian Nayla = 1 Litre of Tears
Putri Kembar = 100% Senorita
Cinta Fitri = Pure 19 / Hearts of 19
Masih buanyak lagiii... Bagaimana? Betul...!

Okelah kalo emang terpaksanya jiplak, yah dimaklumi, tapi mereka itu jiplak, udah gitu jalan ceritanya dirombak melebihi dari jumlah episode yang seharusnya ditayangkan, dan ujung-ujungnya tu ceritanya ditambah-tambahin, iya kalo bagus? tapi ceritanya itu jadi ruwet, carut marut gak karuan, yang akhirnya memunculkan adegan kriminalitas dan jadi ilang nilai-nilai moral baik yang sebenarnya udah ada di versi aslinya...!!! Merusak nilai asli demi gelimang harta, dasar sutradara.

Saran aja nih, buat para sutradara asal india, bener gak sih, habis namanya itu, si Punjabi dkk, wakakakaa:r .. Kalau memang mau menjiplak, mau mengambil jalan cerita milik orang lain karena kehabisan ide dan kreatifitas, lebih baik dan lebih mulia serta bermanfaat kalau njiplaknya itu gak usah jauh-jauh. Ambilah novel-novel buah pikiran orang Indonesia, keren-keren juga kok. Indonesia juga kan yang bangga?! Tapi jiplaknya yang bener, yang pure aja, jangan ditambah-tambahin, ntar jadi gak karuan ceritanya, kasian si penulis aslinya juga kan, hiks :c

Ehm, btw nih, aku nulis artikel ini udah melakukan penelitian loh, aku akhir-akhir ini liat Cinta Fitri yang season 3, ketularan salah seorang mantan, wkikiki.. Pada awalnya sih kerasa seru soalnya banyak konflik, tapi kok lama-lama bikin pusing sendiri, gemes, dan emosi. Masak, tiap hari kerjaannya cuma tampar-tamparan doank, hajar sana sini, ngoceh sana sini, rebutan harta. Nonton sinetron kan tujuannya pengen menghibur diri, lah ini malah nambahin stress..!!:#
Udah gitu, kan kemaren episode terakhir season 3 tuh, eh ternyata belom tamat?! Mau dibikin mpe season berapa lagiii?? Makin panjang pasti ceritanya makin kacau tuh sinetron, jangan sampe deh nasibnya kaya Tersanjung.

Himbauan buat temen-temen, jangan liat sinetron indonesia sampe ceritanya itu bener-bener valuable. Kalo mau entertaining diri sendiri, masih banyak kok program selain sinetron yang tentunya lebih berbobot. Daripada liat sinetron gak mutu, mending baca buku, browsing internet, liat gosip, jelajah, apalah pokoknya jauh dari basic sinetron, atau dengerin radio Prambors aja, 95.8 fm, luv it all the time..!! :z

Related Posts by Categories



2 komentar:

temon said...

aku setuju mel...

Anonymous said...

oke mon..
lancarkan gerakan anti sinetron indonesia...!!

Post a Comment