Sep 13, 2010

I Am Sam

Love Is All You Need
I Am Sam, film keluaran tahun 2002, terbilang film lama, tapi gak ada kata terlambat buat nonton film ini, coz nilai-nilai yang terkandung emang never out of date. Bercerita tentang Sam Dawson (Sean Penn), seorang laki-laki dengan keterbelakangan mental yang mempunyai anak perempuan bernama Lucy Diamond Dawson (Dakota Fanning).

Scene pertama yang agak kocak, dimana Sam menata-nata kemasan gula, gelas, termos dll serapi mungkin, menurutku dia orang yang cukup teliti. Dan ternyata Sam penggemar beratnya The Beatles, gak disangka ya seorang dengan keterbelakangan mental, seleranya bagus juga..

Back to the movie...kisah ini dimulai ketika Sam harus mengasuh Lucy sendirian, karena si ibu, Becca justru melarikan diri saat mereka bersama-sama keluar dari Rumah Sakit. Dan percaya atau tidak, scene/adegan ini berhasil bikin spectators tersedu (maksudnya saya sendiri :p) karena act Sam yang bener-bener naturally . Sam bekerja sebagai waiter di Starbucks, dengan gaji yang terbilang sedikit, Sam harus bisa memenuhi kebutuhan Lucy. 

Kisahnya semakin menguras air mata ketika Pihak Negara meragukan kemampuan Sam dalam mengasuh Lucy. Mereka khawatir ketika Lucy beranjak dewasa, Sam tidak mampu lagi mengimbangi Lucy. Perlu diketahui, kecerdasan Sam sama dengan anak berusia 7 tahun. Dan bagaimana ketika Lucy menginjak usia 8, 9, masa pubertas dan sebagainya. Mereka pun dipisahkan. Namun Sam tidak menyerah begitu saja (tentunya). Adalah Rita, pengacara yang membantu Sam memperjuangkan hak asuh Lucy. Awalnya si Rita ini agak kocak ngadepin si Sam.Berkali-kali dia berusaha menghindar dari kasus Sam, tapi akhirnya dia menerima kasus ini, dan disebutnya sebagai kasus Pro Bono.

Beberapa adegan yang menurutku berkesan (sad/funny/happy):
**Sam dan Becca keluar dari rumah sakit. Becca menyuruh Sam menyetop Bus, but when he did it, Becca leave him, and also Lucy. Entah apa yang ada di pikiran Becca, ibu yang tidak bertanggun jawab. Adegan pertama yang menurutku menyedihkan.

**Ketika Sam ingin membelikan Lucy sepatu baru. Masing-masing teman Sam (yang semuanya juga mengalami keterbatasan mental) giving their opinion bout shoes, dan yang bikin ngakak, salah satu dari mereka menawarkan sepatu dewasa bercorak macan, crazy...!! Lucunya lagi, ternyata uang Sam gak cukup, alhasil mereka semua patungan. Dan semua pulang dengan membawa masing-masing satu balon. Ah..funny....

**Lucy refuse to read word that Sam cannot read. Padahal  Lucy  lancar banget dalam membaca. Dia tidak ingin membuat Sam, ayahnya merasa bodoh.

**Lucy's Birthday. Sam has plan a surprise for her, but it became not good. Sam disidang, dan akhirnya dipisahkan dari Lucy.

**When Rita interviewing Sam's friends. Semacam giving keksaksian gitu, tapi malah mereka semua ceritanya ga nyambung. namanya juga Mental Retardation. Silakan melongo pas liat adegan ini :ngakak

**A day when Sam dimintai kesaksian (mix banget bahasanya). Banyak hal yang gak boleh dilewatin di scene ini. Mulai dari pengkorelasian Sam tentang lagu the Beatles dll. Full of emotion.

**Conversation between Sam and Rita. Sediakan tissue.

After all, enjoy this movie. It may makes you missing your father very much. 
Ps: All You Need Is Love

Related Posts by Categories



0 komentar:

Post a Comment