Jan 31, 2011

Latah...

Berasal dari kata Latah, yang artinya meniru, dan menurut saya virus ini menyerang pada salah satu urat psikologi, dan sangat berkaitan dengan hati (dalam arti sebenarnya, yaitu perasaan) Oke, definisi diatas berdasarkan pendapat saya, bukan penelitian ilmiah, jadi maaf kalo ngawur.. ^^v Sebut aja Latahisme, biar gampang dan agak keren dikit, kan Indonesia sukanya yang keren-keren gitu ya?

Jadi, Latahisme ini adalah virus yang berbahaya. Mayoritas korbannya adalah ABG (Anak Baru Gede) atau bisa juga disebut sedang mengalami masa pubertas, yang pada dasarnya masih labil/belum bisa sepenuhnya mengendalikan diri. Pada ABG, prosesnya kurang lebih begini, virus latah dengan mudahnya menyerang hati, karena kondisi yang masih labil tersebut. Setelah berhasil masuk ke dalam hati, maka akan menghasilkan senyawa yang disebut gengsi. Senyawa inilah yang berperan besar dalam terjadinya latahisme. Tapi ada pula korban latahisme diluar range ABG, nah kalau kasus ini saya kurang ngerti deh. Mungkin menyerang dibagian yang sama, tapi presentase dan prosesnya terjadi lebih lambat. Nanti deh sembari bobo saya pikirin dulu...

Emang virus latahisme ini negatifnya dimana? Hmm..sebenarnya lingkupnya banyak ya. Tapi mari kita coba paparkan dalam lingkungan yang lebih asyik dibahas, misalkan style, atau fashion.

Pertama, Handphone atau HP, alat komunikasi yang sepertinya udah wajib banget tiap individu punya. paling enggak satu unit lah. Lebih bagus lagi menyesuaikan jumlah provider GSM/CDMA di Indonesia, supaya kalau telepon ke sesama operator tarifnya lebih murah, kan ngirit ya? Kembali kepada topik perbincangan yaitu latah pada HP...

Kalau sekarang sih yang lagi ngetrend kan Blackberry ya? Yang terkenal dengan aplikasi BBM nya yang memudahkan kita melakukan chat gratis dengan saling tukar-menukar Pin BB. Tapi kalo dilihat-lihat juga, kebanyakan dipake buat apa? Sms-an, telepon kalo ada pulsa, facebookan paling banter. Padahal fitur sebenarnya bisa dimanfaatkan lebih dari sekedar itu tadi., it's kinda bussines things. Gak masalah juga sih beli BB, toh uang anda sendiri, tapi alangkah bagusnya kalau pemanfaatannya maksimal, dan bukan sekedar latah gaya doank, biar gahool.. :) Ada lagi fakta yang lucu, mungkin mampu beli BB, tapi gak ada pulsanya, dipake pun ngirit-irit. Yah, sama saja..mendingan pakai hape model abal-abal layar mono, tapi pulsanya banyak. Iya gak? :) Alternatif lain daripada BB ini adalah HP dengan keypad QWERTY. Gak ada BB, hape cina keypad QWERTY pun jadi, serasa pegang blekberi deh pokoknya :)

Dimana-mana saya liatnya pada pake hape gituan, BB asli dan aspal (cina QWERTY) terus asik sendiri liatin layar, ntah lagi ngapain tuh. Pernah saya denger kasus ada salah seorang yang gak dianggap di lingkungannya cuma gara-gara dia gak pake BB, parah bener kan. Udah jadi standar pergaulan aja ni BB. Itu tadi masalah Hape BB ya. Nah bentar lagi kayaknya BB bakal kegeser ni, sama yang namanya Hape Android. Lebih kompleks lagi hape yg satu ini. Saya saranin aja kalo mau beli Hp ini pastikan kita bener-bener tau kegunaannya apa, karenaa...Android adalah hp yang dirancang untuk seseorang yang "melek" teknologi. Kalo gak ngerti sayang banget beli mahal-mahal..lebih baik tetap pada BB anda, atau balik aja ke Nokia yang user friendly, tinggal pake ajah. Masalah Android tinggal tunggu aja tanggal latahnya.. :)

Kedua, gak kalah heboh lagi. Behel atau kawat gigi yang fungsinya adalah merapikan gigi dan berkaitan dengan kesehatan. Tapi sekarang berubah fungsi ya? Jadi hiasan gigi warna-warni... Biar kelihatan tambah imut gitu. Entahlah tapi kalo masalah yang satu ini saya pikir bener-bener gak ketulungan anehnya. Kalo jaman dulu saya inget orang-orang pada malu pake kawat gigi, dibilang aneh, idiot, muka hiu, terpaksa mereka pake gara-gara giginya memang gak beres. Tapi kalo sekarang beda jauh ya, malah terang-terangan foto dan yang difokusin adalah gigi beserta behelnya, terus dijadiin PP fesbuk. Aneh benar.. Apa gara-gara harga pasang pagar gigi itu murah? 500 ribu aja dapet. Kalo dulu kan jutaan. Jadi sok atuh giginya dipagar warna-warni biar gaya :)

Ah..Indonesia..latahnya kok aneh-aneh aja...

Lalu bagaimana cara menghindari virus latah dari diri sendiri? Caranya adalah, bentuk kepribadianmu, angkat tinggi-tinggi prinsipmu, maka virus latah tidak akan dengan mudahnya menyerang hatimu :) Ketika yang lain pake BB, mungkin kamu lebih asyik pake Nokia lamamu yang masih 3deret keypad sejajar kebawah. It's oke, karena kamu tau yang kamu butuhin, mungkin masih cukup dengan sms, telepon, dan koneksi internet di hapemu. Ayolah...bukankah yang sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan itu lebih baik :)


bersulang

Related Posts by Categories



2 komentar:

temon said...

kamu pake behel aja mel, biar imut... *lol

Unknown said...

ga ah, biarkan gigiku bebas lepas tanpa pagar besi :p

Post a Comment