Jul 11, 2009

Jadikan Kegagalanmu Bukan "sekedar" Kegagalan Semata

Kegagalan,bahasa inggrisnya failure (wkaka, ngece banget aku). Semua orang didunia, tua muda, kaya miskin, hitam putih, siapapun itu,gak ada yang pengen atau mengharapkan kegagalan dalam proses hidupnya. Bahkan berusaha sekuat tenaga menghindari kegagalan. Karna yang namanya gagal itu akibate macem-macem mamen. Rasa sakit, kecewa, frustasi,yang seringkali bikin kita nyalahin diri sendiri, ataupun orang lain bahkan lingkungan, padahal belum tentu yang disalahin itu mutlak salah.
Aku pengen buka mindset kalian, caelah! Bahwa sesungguhnya gagal itu bukan sesuatu yang buruk. Kegagalan sangat wajar terjadi dalam hidup kita, manusiawi yah. Jika kamu mengalami kegagalan, entah dalam hal percintaan, keluarga, pertemanan, ujian, cobalah untuk melihatnya secara mendalam dan menyeluruh.

Dalam gagal, kita bisa belajar. Gagal adalah guru terbaik dalam hidup kita. Gagal bikin kita tau dimana salah kita, sehingga pada kesempatan berikutnya kita bisa menghindari kesalahan sekaligus kegagalan itu. Ambil aja contoh, hari ini ngerjain soal matematika yang sulit banget dan ternyata jawabannya salah. Oke kita gagal, dan kita tau dimana salahnya. Besoknya, kita ngerjain soal matematika lagi, bentuk soalnya mirip, nah, pastinya gak akan salah lagi donk, kan sama kaya soal kemaren? Kecuali kalo kamu gak mau belajar dari kegagalan itu, mau ngerjain soal yang sama berkali-kalipun gak bakal bisa bener! Dari ilustrasi diatas, udah agak ngena kan. Dalam bentuk apapun kegagalan itu, hendaknya kita jadikan pelajaran. Jadi kalo besok, suatu saat kita ngadepin hal yang sama, otomatis kita akan bilang "eh, aku udah pernah kaya gini, berarti aku kudu begini..!".

Aku pernah, menginginkan sesuatu, berusaha keras meraihnya, dan pada akhirnya yang paling sial banget, aku gagal! Sakit, kecewa, kepalaku pusing seharian, moodku berantakan! Tapi aku gak patah semangat gitu aja, mungkin kesempatan kali ini aku gagal, tapi masih ada hari esok, masih banyak kesempatan yang lainnya, dan sekarang aku bisa tersenyum.. :) Bener-bener bersyukur, kegagalan bikin aku lebih sabar, lebih kuat, lebih kreatif, lebih termotivasi lagi. Kereeeen...

Yang pasti, walaupun kegagalan itu menakutkan, mimpi buruk banget lah, tapi...jangan takut untuk gagal. Ketakutan cuman bikin kita gak pernah mau mencoba. Kalo kita gak pernah mencoba, mana kita bisa tau sukses tidaknya??

Kata-kata dibawah, aku ambil dari blog beberapa teman dan buku yang pernah mampir di otak:

Kegagalan dapat disebabkan oleh dua hal yaitu: berpikir tapi tidak pernah bertindak, dan bertindak tapi tidak pernah berpikir.

Tak ada orang yang sukses tanpa mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Menurutku, jika menginginkan pelangi, kau harus mau menerima hujan ( Dolly Parton )

Kegagalan bukan berarti anda tidak mencapai apa-apa, tetapi anda sudah mempelajari sesuatu.

Kegagalan bukan berarti anda sudah berakhir, tetapi anda masih memiliki peluang untuk memulainya kembali, dan berusaha mencari sesuatu yang baru.

Jangan membiarkan ketakutanmu membuatkan keputusan bagimu.

“99 %keberhasilan ditentukan oleh kerja keras dan ketekunan sementara 1% sisanya ditentukan oleh bakat dan kecerdasan” (Thomas Alfa Edhison, 99x gagal, 1x lampu menyala)

Orang sukses mengalami lebih banyak gagal dari pada orang yang gagal.
Saat gagal yang gagal itu peristiwanya bukan kamu.
Nikmati kegagalan sebagai bagian dari kenikmatan hidup.
Orang yang hanya mengalami sukses dan tak pernah gagal hanya mengalami separuh kehidupan.
Belajarlah dari kegagalan orang lain dan tertawai kegagalan diri sendiri.
Kesalahan adalah biaya tol yang mungkin harus dibayar.
Yang mundur tak pernah menang. Yang menang tak pernah mundur. Orang tak pernah gagal, mereka mundur.
Kamu dan aku bertanggungjawab atas kegagalan dan kesuksesan kita. Bukan orang lain
Belajarlah dari kegagalanmu teman..

Related Posts by Categories



6 komentar:

Anonymous said...

jangan galak dong.... jadi takut nih.
karyanya bagus.... enak bacanya.

Anonymous said...

thanks to comment ^^ kamu bebas dari bacokan :P

lemandreamme said...

keren bu....
meninspirasi.. :D

Unknown said...

thank you, semoga bermanfaat :)

Unknown said...

krenn abis(=

Unknown said...

hy cntikk

Post a Comment